PENGADILAN NEGERI PURWOKERTO KELAS IB SIAP MENYAMBUT E LITIGASI

ZONA INTEGRITAS

IMG 20190228 WA0007

Download Dokumen Zona Integritas                                                                            

Browser dianjurkan menggunakan Mozzila Firefox

PENGADILAN NEGERI PURWOKERTO KELAS IB SIAP MENYAMBUT E LITIGASI

17 Oct

Cetak Biru Pembaruan Peradilan Mahkamah Agung memaksa perubahan terjadi secara sporadis bercorak revolutif. Pembenahan peradilan menuju sistem informasi berbasis teknologi informasi memaksa penanggalan cara-cara manual menuju era elektronik. Tak berselang lama dari PERMA No. 3 Tahun 2018 Tentang Administrasi Perkara Di Pengadilan Secara Elektronik, Mahkamah Agung memutakhirkannya kembali via terbitnya PERMA No. 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara Dan Persidangan Di Pengadilan Secara Elektronik. Terbitnya Perma ini memberikan payung hukum kepada Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik atau yang disebut E-Litigasi.

WhatsApp Image 2019 09 24 at 15.33.06

E-Litigasi adalah pengembangan dari E-Court, kelanjutan dari proses E-Filling, E-Payment, dan E- Summon dalam E-Court. E-Litigasi mencakup proses persidangan jawab-menjawab. Proses persidangan pembuktian dengan agenda pemeriksaan saksi dan atau ahli, persidangan penyampaian kesimpulan, dan persidangan pembacaan putusan. Untuk mendukung cakupan tersebut PERMA No. 1 Tahun 2019 memberi pijakan kepada Pengguna Lain sebagai user di dalam E-Court. Termasuk kedalam Pengguna Lain adalah Perseorangan, Badan Hukum atau Pemerintah sehingga pihak-pihak dalam perkara perdata dapat mengakses E-Court untuk nantinya jika disetujui kedua belah pihak akan melakukan persidangan di Pengadilan Secara Elektronik atau E-Litigasi.

Pengadilan Negeri Purwokerto sendiri walau tidak termasuk kedalam Pilot Project pengadilan yang ditunjuk sebagai pelaksana awal E-Litigasi sudah barang tentu tetap bersiap menyambut E-litigasi. Responsif adalah salah satu unsur dari motto Pengadilan Negeri Purwokerto dalam motto “DERAP”. Dalam kaitannya ikhwal persiapan E-Litigasi, pembuatan E-Court Corner Pengadilan Negeri Purwokerto yang sudah berjalan adalah langkah utama sebagai gerbang pendaftaran bagi Pengguna Lain yang hanya dapat didaftarkan melalui Admin E-Court di meja E-Court Corner. E-Court Corner Pengadilan Negeri Purwokerto terletak di ruang Lobby di samping PTSP Pengadilan Negeri Purwokerto dengan petugas yang siap melayani. Selain itu, Kepaniteraan Muda Perdata sebagai subyek utama pelaksana E-Court melalui admin telah menyiapkan User untuk Ketua/Wakil, Majelis, Panitera,Panitera Pengganti,Jurusita/Jurusita Pengganti, Meja I Perdata, dan Kasir.

Bagian Kesekretariatan sebagai supporting unit dari instansi pula turut bersinergi menyambut E-Litigasi. Tahun 2019 ini Bagian Anggaran Mahkamah Agung mendapat suntikan dana yang berasal dari Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (BA BUN) berupa penambahan Langganan Internet sebagai pendukung E-Court untuk Pengadilan tingkat banding dan tingkat pertama. Menindaklanjuti hal tersebut, Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi, dan Pelaporan (PTIP) Pengadilan Negeri Purwokerto telah melakukan peningkatan bandwidth yang reguler menggunakan jasa telekomunikasi bersifat dedicated per 1 Agustus 2019. Kini kecepatan internet di Pengadilan Negeri Purwokerto telah meningkat menjadi 80 Mbps sehingga mempercepat proses lalu lintas data elektronik untuk mendukung E-Court dan kesiapan E-Litigasi. Sub. Bagian PTIP pula telah melakukan update Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) versi 3.3.0-1 pada tanggal 10 September 2019 sesuai surat SEKMA No : 1375/SEK/HM.02.3/9/2019. Selain dari itu, pada bulan Agustus pula Pengadilan Negeri Purwokerto menerima 2 unit mesin fotokopi titipan sewa dari Pengadilan Tinggi Jawa Tengah yang juga merupakan Program Belanja Opersional berasal dari BA BUN melalui PT Jawa Tengah sebagai pendukung E-Court.

Dari paparan diatas, terlihat bahwa E-Litigasi merupakan suatu keniscayaan dari Cetak Biru Pembaruan Peradilan Mahkamah Agung dan spirit Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi Untuk Melayani. Kedua hal tersebut berlandaskan asas peradilan sederhana, cepat, dan biaya ringan. Mahkamah Agung sebagai pembuat kebijakan telah memberikan pijakan jelas melalui PERMA No. 1 Tahun 2019, disisi lain melalui Sekretaris Mahkamah Agung telah memberikan dukungan material dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) terhadap E-Court pada umumnya, dan E Litigasi pada khususnya. Sehingga, dengan adanya sinergi internal antara bagian Kepaniteraan dan Kesekretariatan, dukungan dari pusat Mahkamah Agung, dan peran serta seluruh pegawai, Pengadilan Negeri Purwokerto telah bersiap dan dengan sukacita akan menyambut E-Litigasi.